Ndasmu!! friend

Kleansemasuciakupenudosah….sah….sah….

Sedikit terima kasih buat Young Lex karena video musik terbaru punya dialah, saya (dan juga kita semuaaaa) jadi tetiba ikut komentar perihal ini dan itu. dammit.

Dan selepas melihat secara prihatin video duetnya dengan cewek terviral 2016 di Indonesia itu, saya jadi ngulik lagi sedikit-sedikit lagu hip hop dan rap lokal Indonesia yang sedang berputar sekarang di waktu senggang, karena ya… ternyata pamor hip hop bisa dibilang tinggi juga ya sekarang, terutama lewat menjamurnya orang eksis di Youtube running shoes, sports jacket gombrong, snapback, joggerpants, dan lain sebagainya yang masuk ke dalam kategori fashion style beraroma swag dan thug life, hehe.

Saya sedikit ingin tahu seperti apa sih scene hip hop sekarang di luar Youtube? Apakah para ujung tombaknya serupa dengan Young Lex, nama baru terdepan (dan kini harus diakui mengambil peran sebagai wajah hip hop Indonesia di mata awam), setelah era pelayaran ganas “Jogja Istimewa”nya JHF selesai?

Tiba-tiba saya teringat masa-masa cowok-cowok muda yang gondrong-gondrong jadi kiblat buat katalog musik anak muda Indonesia karena unyu, keren, dan kayaknya keras banget. Itu lho, yang vokalisnya sekarang cewek. Sialnya, saya dulu salah satu fans mereka karena lirik mereka, dulu, buat saya, kebarat-baratan dan sakid banged. Yah namanya juga umur kali ya.

Singkat kata, berkat beberapa panduan dari situs web milik majalah musik dan lifestyle ternama di negara ini, i finally found this one, yang menjelaskan pada saya kalo scene yang ada masih punya gacoan yang sehat, Dua Petaka Membawa Bencana (DPMB), dari Jogja juga. Yang saya dengarkan adalah lagu mereka yang berjudul “Ndasmu!!”, sebuah kosakata Jawa yang sungguh dalam maknanya dan jika dialihbahasakan ke Bahasa Goksss berarti “Pala lu!!”. Saya langsung husnudzon dan meletakkan beberapa nama rapper-rapperan bangke lain dari Youtube ke kotak lain yang semestinya untuk mereka.

13129962_188058994921044_1767023728_n
Dua Petaka Membawa Bencana a.k.a. DPMB (insharee.com)

Percayalah, mereka sangat layak didengar friend. Lagu “Ndasmu!!” ini benar-benar bagus dan mampu meringkas mereka dalam sebuah paragraf pendek:

No bling-bling, no party, no boobs, and no bullshit.
Just a lot of middle fingers straight to your face. Oldskool ! 

Dalam lagu ini mereka menghentak, menyerapahi, dan meludahi kemunafikan, kepura-puraan, serta kebodohan yang marak dipublikasikan (cakupannya gede nih, mulai video superhits, tweet, dan bisa sampe comment di berbagai media sosial dan goal.com) akhir-akhir ini secara angkuh, bukan bebal.

Dear kawan-kawan, yang seumuran, yang lebih tua, apalagi yang adek-adek, yang berasal dari kelas menengah ke bawah Indonesia, harusnya (atau paling tidak, lebih baik) musik kita yang seperti ini saja, yang sanggup mengumpulkan kegelisahan yang sebenarnya secara garis besar serupa karena kita berangkat dari kelas ekonomi yang sama dan meluapkannya dengan lantang. Yang lebih ramah dan mirip dengan kita. Bukan yang ‘mengiming-imingi’ kita dengan angan-angan yang…..oh maaf, saya salah kalimat. Bukan yang cuma memamerkan tampilan tamvan-rupavvan belaka; tampilan yang di depan ingin mengenalkan ‘ini gaya yang keren nih. asik. musti ikutin.’, kemudian kalian mencoba mengikuti, kemudian kalian gagal, cuma mentok setengah, jadi cabe-terong, and then waste your brain’s functions and harden your sense without you realise it.

Sampai kapan kita mau dibutakan kefanaan gaya hidup dan tutorial kekakuan pola pikir yang disuapkan lewat lirik dan MV yang idola kalian buat? Sampai kapan kita mau bermimpi menjadi kaya seperti mereka dan bertingkah seperti keseharian mereka yang penuh hura-hura? Mereka sih kaya. Lha kalau kita? Yeah. Ndasmu!! friend.

Bertutur kata tanpa berkata
Tanpa lihat siapa dirinya
Mengumbar desas desus palsu
Bohong belaka
Menciptakan aib yang sudah direkayasa
Dimana otakmu?
Seenaknya saja menggonggong seperti asu

(DPMB-Ndasmu!!)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s